PENGARUH EVENT, IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHOPEE DI SEMARANG

  • Nully Huda Imam Khafidhoh* Universitas Tidar Magelang
  • Budi Hartono Universitas Tidar Magelang
Keywords: Ads, Events, Promotions, Purchasing Decisions, Shopee

Abstract

Developments in this technological era have influenced manufacturers to innovate in promoting their products to consumers, such as promoting their products on the Shopee application. This research aims to analyze the magnitude of the influence of events, advertising and sales promotions on purchase decisions of Shopee consumers in Semarang. In this study, the researchers determined that the sample used was 100 Shopee consumers in Semarang and had at least made transactions at Shopee e-commerce. The analytical test used is an instrument test (validity and reliability), classic assumption test, hypothesis testing and multiple linear regression analysis. The results of this research indicate that variables such as events, advertisements, and sales promotions have a significant effect, either partially or simultaneously, on the purchasing decisions of Shopee consumers in Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuniah, P. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(3).

Aziky, A., & Masreviastuti, M. (2018). Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee. co. id. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 193–196.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.

Hardianti, I. P. (2020). Pengaruh event marketing terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada Toko Buku Togamas Margorejo Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ningrum, I. T. J., & Nilowardono, S. (2016). Pengaruh event dan brand image terhadap minat beli produk rokok Sampoerna A Mild pada PT HM Sampoerna area marketing Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja, 2(1), 57–69.

Prasetio, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(2), 57–65. https://doi.org/10.31955/jimea.vol2.iss2.pp57-65

Putri, N. N., Haryono, A. T., & Warso, M. M. (2016). efektifitas atmospher dan event marketing terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Journal of Management, 2(2).

Stephen, A., Canthika, A., Subrata, D., & Veronika, D. (2020). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Indonesian Business Review, 2(2), 233–248. https://doi.org/10.21632/ibr.2.2.233-248

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 336).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.

Yan, R. G. P. S., Repi, A., & Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Pt Tridjaya Mulia Sukses Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1).

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515.

Zulkarnain, M. A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Toko Buku Togamas Petra Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–7.

Published
2023-02-10
How to Cite
Khafidhoh, N. H. I., & Hartono, B. (2023). PENGARUH EVENT, IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHOPEE DI SEMARANG. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 3(1), 184-190. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v3i1.365