STRATEGI BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING VERBAL SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying verbal yang ada di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul, 2) mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) dalam mengatasi bullying verbal pada siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research), melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk bullying verbal yang sering terjadi di SMP Muhammadiyah Al- Mujahidin Gunungkidul meliputi; 1) memanggil teman dengan nama binatang anjing, 2) memanggil teman dengan menghina fisiknya seperti gendut, 3) memanggil teman dengan nama orang tua atau memanggil dengan kata-kata kasar dan kotor seperti bajingan. Sedangkan strategi yang digunakan dalam mengatasi bullying verbal di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul yaitu dengan cara menasehati siswa, memberikan peringatan, memberikan treatment, memberikan edukasi tentang dampak dan efek samping bullying, mengajarkan peserta didik cara berkata yang baik kepada sesama teman dan cara menjaga lisan dan mampu menjadi suri tauladan bagi para peserta didiknya baik dari perilaku maupun dari ucapan.
References
Afriani. (2023). Dampak Bullying Verbal Terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 3 Payakumbuh. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.34
Amanda, G. (2021). Stop Bullying : A- Z Problem Bullying dan Solusinya (2nd ed.). Cemerlang Publishing.
Kartini, Nasution, & Iqbal. (2024). Perilaku Bullying dan Peran Sekolah dalam Mengatasinya ( Studi Kasus di SDN 1 Ulu Lapao-Pao ). Education, 06(02), 15359–15368. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5423
Marzuenda, M., Asmarika, A., Deprizon, D., Wismanto, W., & Syafitri, R. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Mi Al–Barokah Pekanbaru. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 324–338.
Najah, N., Sumarwiyah, & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Pratiwi, I., Herlina, H., & Utami, G. T. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal pada Siswa Sekolah Dasar : Literature Review. Jkep, 6(1), 51–68. https://doi.org/10.32668/jkep.v6i1.436
Rahmantio, N., Rahman, R. A., & Syarifin, dan A. (2022). Strategi Guru PAI dalam Mencegah Perilaku Bullying secara Verbal pada Peserta Didik di SMPN 02 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 195–202.
Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.536
Copyright (c) 2024 Siti Bahiroh
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.