STRATEGI MEMBANGUN KESADARAN MEREK KONSUMEN PADA UKM
Abstract
Merek merupakan salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran. Artinya merek tidak berdiri sendiri, ia harus sejalan dengan komponen- komponen strategi pemasaran yang lain. Semua perusahaan sudah tentu menginginkan mereknya dikenal dan menduduki posisi yang tinggi dan kuat di pasar. Merek yang kuat dan terkenal dan memiliki peluang yang besar dalam mendominasi pasar. Tujuan kegiatan ini membantu UKM agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang merek yang meliputi kesadaran merek serta hirarki dalam kesadaran merek. Mitra yang menjadi tempat kegiatan PKM bergerak pada usaha kuliner yang berdomisili di Jambi. Metode yang ditawarkan ke mitra adalah pelatihan/sosialisasi. Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk memberikan pembekalan terhadap pemahaman tentang ekuitas merek meliputi arti dari merek, pengertian kesadaran merek dan piramida kesadaran merek.. Hasil kegiatan telah berjalan lancar, mitra dapat memiliki pengetahuan, dalam membentuk kesadaran merek pada pelanggannya untuk tetap menkonsumsi produk mitra. Melalui adanya kesadaran merek dapat meningkatkan hubungan jangka panjang konsumen mitra yang pada akhirnya dapat menjadi pelanggan yang setia