STRATEGI MEMBANGUN KESADARAN MEREK KONSUMEN PADA UKM

  • M. Tony Nawawi* Fakultas Ekonomi dan Bisnis Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Christiandinata Tjandra Bravo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Darryl Fakultas Ekonomi dan Bisnis Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta

Abstract

Merek merupakan salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran. Artinya merek tidak berdiri sendiri, ia harus sejalan dengan komponen- komponen strategi pemasaran yang lain. Semua perusahaan sudah tentu menginginkan mereknya dikenal dan menduduki posisi yang tinggi dan kuat di pasar. Merek yang kuat dan terkenal dan memiliki peluang yang besar dalam mendominasi pasar. Tujuan kegiatan ini membantu UKM agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang merek  yang meliputi kesadaran merek serta hirarki dalam kesadaran merek.  Mitra yang menjadi tempat kegiatan PKM bergerak pada usaha kuliner yang berdomisili di Jambi. Metode yang ditawarkan ke mitra adalah pelatihan/sosialisasi. Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk memberikan pembekalan terhadap  pemahaman tentang ekuitas merek meliputi arti dari merek, pengertian kesadaran merek dan piramida kesadaran merek.. Hasil kegiatan telah  berjalan lancar, mitra dapat memiliki  pengetahuan, dalam membentuk kesadaran merek pada pelanggannya untuk tetap menkonsumsi produk mitra. Melalui adanya kesadaran merek dapat  meningkatkan hubungan jangka panjang konsumen mitra yang pada akhirnya dapat menjadi pelanggan yang setia

Published
2023-03-27
How to Cite
Nawawi, M. T., Bravo, C. T., & Darryl. (2023). STRATEGI MEMBANGUN KESADARAN MEREK KONSUMEN PADA UKM. JOURNAL OF SUSTAINABLE COMMUNITY SERVICE , 3(2), 89-97. https://doi.org/10.55047/jscs.v3i2.471
Section
Articles