Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Pajak
Abstract
Birokrasi menjadi instrumen penting dalam masyarakat yang
kehadirannya tak mungkin terelakkan dengan konsekuensi logis untuk
mensejahterakan rakyatnya. Berkenaan dengan upaya pelayanan dan
mewujudkan kesejahteraan rakyat, birokrasi publik memberikan andil yang
relatif besar. Melalui kecerdasan emosianal, maka kesadaran diri yang
memandu seseorang mengakui dan menghargai perasaan diri sendiri dan orang
lain, serta menerapkan dengan efektif dalam perilaku. Adapun masalah
penelitian yaitu pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai pada
kantor pelayanan pajak madya medan. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan survey melalui observasi,
wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis data
yang digunakan adalahanalisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini
adalah seluruh pegawai Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan yang berjumlah
126 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Variabel kecerdasan
emosional memiliki nilai p-value (pada kolom Sig.) 0,004 < 0,05 artinya
signifikan, sedangkan t hitung 2,989 > dari t tabel 2,008 artinya tidak signifikan.
Hal ini berarti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap
kinerja pegawai