Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumen Tokopedia Pada Masyarakat Kota Jambi

  • Gita Silvia Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • kasful Anwar US Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: E-Commerce,Perilaku Konsumen, Tokopedia

Abstract

E-Commerce memiliki dampak yang sangat besar dalam dunia bisnis, terutama pada proses penyempurnaan marketing perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan itu sendiri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner atau mengumpulkan data dengan menyusun daftar pernyataan. Tokopedia merupakan perusahaan Teknologi di Indonesia dengan spesialisasi dibidang bisnis marketplace (E-Commerce). Tokopedia berdiri pada tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison dibawah naungan PT. Tokopedia dan resmi luncur ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009. Berdasarkan hasil penelitian regresi sederhana dengan Nilai Y=0,423+0,843, dengan nilai R Square 0.681. Secara uji t, ECommerce berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada masyarakat Kota Jambi, dengan nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05. Dalam penelitian ini, penulis memberikan saran yaitu diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat kota Jambi untuk memperhatikan penggunaan media internet dan memperhatikan perilaku yang terkait faktor psikologi untuk membentuk perilaku konsumen yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-16
How to Cite
Silvia, G., & Anwar US, kasful. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumen Tokopedia Pada Masyarakat Kota Jambi. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 1(3), 240-251. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i3.44
Section
Articles