Pengaruh Bekembangnya Waralaba Minimarket (Indomaret Dan Alfamart) Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Atau Toko Kelontong Di Kec. Telanaipura Kota Jambi

  • Yufita sari Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kasful Anwar US Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Berkembangnya Minimarket, Pendapatan Toko Kelontong

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh berkembangnya waralaba minimarket (Indomaret dan Alfamart) terhadap pendapatan pedagang kecil atau kelontong di kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Perkembangan pasar modern kini semakin pesat yang di tandai banyaknya bangunan –bangunan pusat perbelanjaan yang semakin marak, salah satunya adalah Minimarket (Indomaret dan Alfamart) yang semakin pesat berkembang bahkan penyebarannya pun telah memasuki wilayah-wilayah pemukiman. Tidak bisa di pungkiri bahwa berkembangnya Minimarket (Indomaret dan Alfamart) memiliki dampak positif yaitu semakin majunya perekonomian dan juga dapat menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran, tetapi disisi lain Minimarket (Indomaret dan Alfamart) juga memiliki dampak yang negatif apalagi penyebaranya sampai memasuki wilayah pemukiman dengan jarak yang saling berdekatan berdampak buruk bagi warung tradisional atau toko kelontong. Maka mereka mengalami penurunan penjualan dan semakin menurun pendapatan mereka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-16
How to Cite
sari, Y., & Anwar US, K. (2021). Pengaruh Bekembangnya Waralaba Minimarket (Indomaret Dan Alfamart) Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Atau Toko Kelontong Di Kec. Telanaipura Kota Jambi. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 1(3), 252-264. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i3.45
Section
Articles