Strategi Koperasi Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Industri 4.0
Abstract
Saat ini di Indonesia era industri 4.0 menjadi era perubahan diberbagai sistem yang dilakukan secara online. Terutama pada bidang ekonomi, dan teknologi. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam sistem pembayaran yang instant dan mudah seperti melalui ATM, Mobile banking, e-money dan masih banyak lagi. Di sebuah koperasi saat ini juga menerapkan sistem online seperti untuk melakukan pembayaran transaksi. Tujuan metode penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi koperasi di Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dimana teknik pengumpulan data tersebut di lakukan dengan cara studi literatur yaitu dengan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan topik penelitian. Studi literatur bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan internet. Berdasarkan hasil penelitian beberapa strategi yang dapat dilakukan koperasi dalam menghadapi era digital adalah dengan 1) Peningkatan sumber daya manusia yang harus dapat menguasai teknologi digital dan teknologi informasi melalui pelatihan atau bimbingan; 2) Pentingnya meningkatkan modal koperasi untuk terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat; 3) Melakukan pembenahan keterampilan manajerial untuk dapat mengelola koperasi dengan baik; 4) Melakukan perubahan strategi pemasaran dengan cara memanfaatkan teknologi digital.
Downloads
Copyright (c) 2021 Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.