PENGELOLAAN KELAS RENDAH DALAM PEMBELAJARAN SDN PORIS PELAWAD 05

  • Ahmad Arif Fadilah* Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ria Rosita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Fadilah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Bella Shadila Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Beta Berliana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Putri Nur Kusumawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizka Ezzafira Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saffana Rizka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Devi Kusnadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Wirdatul Mufidah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Low-grade management, planning, supervision

Abstract

This study aims to determine the management strategy of low grade SDN Poris Plawad 05 Tangerang.  This study uses a qualitative method by carrying out case observations.  Data collection procedures were carried out through observation and interviews.  Looking for some common data and detailed description references.  The conclusion of this research is the making of lesson plans, planning for the new school year, semester programs and annual programs.  Management is carried out through efforts to regulate students and good classroom facilities.  Factors in the physical condition of the classroom and the creation of successful learning objectives that are fun.  Meanwhile, the supervision is carried out by the class teacher to his students.

References

Aisyiah, S., Taufina, T., & Montessori, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa Menggunakan Metode Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 784–793.

Aliyyah, R. R., Abdurakhman, O., & Humaniora, J. S. (2017). Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor.

Amalia, I. N., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. (2018). Studi kasus terhadap pencapaian kompetensi kognitif pada pembelajaran discovery learning. Chemistry in Education, 7(2), 54–61.

Caesari, B. D., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (2013). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 28–37.

Gani, A. A. (2020). Pengaruh Partisipasi Orang Tua Siswa Terhadap Motivasi Anak Sekolah di Madrasah Aliyah Hidayatullah Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 80–88.

Himkah, N., Haris, M. J. M., Astripo, Rosyidah, M., Megawati, Triyudhanto, D., Permana, A., Algajali, M., Harisha, N., Dewi, R., & Yuliana. (2017). Administrasi Pendidikan Hasil Observasi Sekolah Dasar Negeri 3 Pahandut. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Puspitaningrum, E. (2017). Kemampuan guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri Minomartani 2. Basic Education, 6(1), 28–39.

Rahmadhani Siregar, S. R. S., Sugito, Danis, A., Mardame Simamora, S., & Ramadhani, S. (2022). Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sd Swasta Pangeran Antasari Helvetia 2022. PRIMA : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6.

Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Sabariah, V. (2021). Perencanaan Bahasa Indonesia pada Setiap Jenjang Pendidikan Berbasis Kurikulum 2013: Implementasi dan Tantangannya. Semantik, 10 (2), 135–146.

Wati, R., & Kistian, A. (2019). Analisis kemampuan siswa kelas V dalam menggunakan kalimat majemuk pada karangan di SD negeri keude linteung kabupaten nagan raya TA 2018/2019. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).

Yumnah, S. (2018). Strategi dan pendekatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 13(1), 18–26.

Published
2022-07-11
How to Cite
Fadilah, A. A., Rosita, R., Fadilah, N., Shadila, B., Berliana, B., Kusumawati, P. N., Ezzafira, R., Rizka, S., Kusnadi, D., & Mufidah, W. (2022). PENGELOLAAN KELAS RENDAH DALAM PEMBELAJARAN SDN PORIS PELAWAD 05 . JURNAL RISET PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 1(2), 148-156. https://doi.org/10.55047/jrpp.v1i2.222
Section
Articles