PENERAPAN MEDIA LITERASI DARING BERBASIS KEARIFAN LOKAL BLITAR (SI CETAR) UNTUK KEGIATAN LITERASI DI UPT SD NEGERI KALIPUCUNG 02
Abstract
The purpose of this study is to describe the application of Blitar local wisdom-based online literacy media and to explain the responses of Kalipucung 02 Public Elementary School students to Blitar local wisdom-based online literacy media. This research uses qualitative and quantitative approaches. This type of research is descriptive research. The results of this study were (1) the Si Cetar media was applied for two days in accordance with the goals of GLS in SD, namely instilling an interest in and fond of reading and (2) the results of students' responses to Si Cetar media were included in the very satisfactory category.
References
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud, S. J. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.
Menengah, D. P. D. dan. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Najib, D. K., Ulfa, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Banyuwangi Untuk Siswa Kelas V. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 75–81.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi, S. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1457–1463.
Purnamasari, S., & Herman, T. (2016). Penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, serta kemandirian belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 178–185.
Rahayu, T. (2016). Penumbuhan budi pekerti melalui gerakan literasi sekolah.
Rozikan, M. (2013). Menggagas Pendidikan Transformatif Berbasis Kearifan Lokal (Sebuah Ekspektasi Pada Kurikulum 2013). Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan 2013.
Sihabudin, A. (2013). Literasi media dengan memberdayakan kearifan lokal. Communication, 4(2).
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo: Bandung, cet. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukma, E., Indrawati, T., & Suriani, A. (2020). Penggunaan media literasi kelas awal di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 103–111.
Sultoni, M. (2017). Pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik Smpn 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. UIN Raden Intan Lampung.
Suyono, S. (2009). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, 37(2), 127-136.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029.
Copyright (c) 2022 Sripit Widiastuti, Ida Putriani , Dinda Saroh Wahdati, Ameilya Anastasya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.