STRATEGI PEMASARAN SELAMA SIKLUS HIDUP PRODUK

  • Rodhiah Rodhiah* Program Studi Manajemen dan Bisnis, Universitas Tarumanagara
  • Christiandinata Tjandra Bravo Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Valentina Valentina Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Tarumanagara Jakarta
Keywords: Siklus Hidup Produk, Strategi, Pelatihan, Mitra, Wirausaha

Abstract

Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan bekal pengetahuan tentang strategi pemasaran selama siklus hidup produk saat  menjalankan  usaha. Mitra yang dijadikan tempat kegiatan adalah UKM yang bergerak dalam bidang kuliner bernama pempek Lita  merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan khas daerah palembang yaitu pempek. Pemilik usaha bernama Yurmalita. Lokasi mitra terdapat di Kota Jambi. Kegiatan PKM didasarkan  pada observasi awal pada mitra, dimana mitra belum mendapatkan  pembekalan  tentang  strategi pemasaran semasa siklus hidup produk, sehingga masih lemahnya mitra dalam menggunakan strategi pada setiap langkah selama masa hidup suatu produk . Metode pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan melalui zoom meeting. Adapun terkait materi yang ingin disampaikan ke mitra disajikan dalam bentuk PPT. Materi yang terkait diberikan ke mitra adalah pengenalan tahapan siklus daur hidup produk, tahapan siklus daur hidup produk dan straegi dari masing masing setiap tahapan, serta cara memperpanjang siklus hidup produk. Hasil kegiatan dari PKM ini dapat meningkatkan pengetahuan mitra dalam menggunakan strategi pemasaran yang tepat dalam setiap masa hidup umur produk yang dihasilkan mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Agustina, F. d. (2012). Perumusan Strategi Pengembangan Produk Kurma Salak Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (PLC) dan SWOT Pada Kelompok Tani Ambudi Makmur II Bangkalan. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Vol.1, No.2, 105-112.
Iveson, A., Hultman, M. and Davvetas, V. (2022). "The product life cycle revisited: an integrative review and research agenda", European Journal of Marketing, Vol. 56 No. 2, pp. 467-499.

Junianta, R. D. (2019). Perbandingan Siklus Hidup Produk Dota 2 dan CS: GO Berdasarkan Strategi Event Marketing. Riset Manajemen Sains, Vol.10, No.1.
Kotleir, Philip and Gary Armstrong. (2021). Principleis of Markeiting. Eiighteieinth Eidition. New Jersey, Peiarson

Santoso, I. (2016). Integrasi Analisis Product Life Cycle dan Metode AHP-TOPSIS Dalam Perumusan Strategi Pengembangan Produk. Teknologi Industri Pertanian, Vol.26, No.2, Hal.227-235.

Sari, I. P. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan PLC dan SWOT Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada UKM Tahu (Pada UKM Tahu Mudji dan UKM Tahu Hosen Kecamatan Sukowono). Skripsi.
Published
2024-01-22
How to Cite
Rodhiah, R., Bravo, C. T., & Valentina, V. (2024). STRATEGI PEMASARAN SELAMA SIKLUS HIDUP PRODUK. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 3(6), 1009-1016. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v3i6.575